by

Inilah Macam-Macam Grinder Kopi

Grinder Kopi – Saat ini, kopi menjadi salah satu minuman yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia. Tidak memandang tua atau muda, si hitam pekat ini selalu hadir menemani kegiatan nongkrong maupun diskusi. Rasa dan aromanya yang khas menjadi daya tarik tersendiri di lidah para penikmatnya.

Bagi para pecinta kopi, tentu sudah mengetahui banyak seluk-beluk tentang proses pembuatan sampai proses pembuatan. Para coffee addict  tentu sudah akrab dengan alat grinder kopi. Grinder kopi merupakan alat penggiling biji kopi. Namun, ada beberapa hal tentang grinder kopi yang perlu Anda ketahui. Apa saja? Simak berikut ini!

Blender Kecil (Chamber)

Grinder Kopi

Sebagian orang, mungkin tak setuju jika blender Kecil yang sering digunakan untuk menghaluskan cabai ini dijadikan sebagai penggiling biji kopi. Pasalnya, secara teknis, alat ini tidak benar-benar menghancurkan biji kopi menjadi serbuk kecil yang sama rata.

Hal itu juga yang membuat kebanyakan orang lebih suka menggunakan Chamber Blender sebagai alat penghalus cabai. Hasil gilingan kopi yang tidak rata tentu memengaruhi kualitas rasa kopi itu sendiri. Tetapi, daripada menyeduh biji kopinya secara langsung, memakai blender kecil bisa dijadikan opsi yang bagus.

Hand Grinder

Bagi para barista atau penikmat kopi yang kerap menggiling kopi di rumah, tentu sering menyaksikan grinder tipe ini. Hand grinder, atau yang biasa disebut grinder manual ini sudah ada sedari zaman penjajahan Belanda.

Tetapi hand grinder zaman dulu jelas berbeda dengan grinder masa sekarang yang sudah dimodifikasi. Zaman dulu, pengaturan kasar atau halus terletak pada jumlah putaran hand grinder yang dilakukan. Setelah dimodifikasi, hasilnya tentu terlihat sama karena ada pengaturannya yang terletak di bawah robbur.

Sebagai grinder yang keberadaannya sudah lama, hand grinder memiliki beberapa varian yang dapat Anda pilih. Diantaranya ialah hand grinder berukuran kecil dan berbobot ringan yang sangat cocok untuk camping, hand grinder yang dilengkapi tutup untuk memberikan kesan antik dan artistik, serta grinder manual tanpa tutup.

Kelebihan grinder tanpa tutup adalah lebih mudah digunakan, lebih mudah dirawat, serta Anda dapat menikmati proses menggiling kopi karena aroma kopi yang khas akan menguar.

Elektrik Grinder

Biasanya, grinder jenis ini sangat recomended bagi Anda yang rutin minum kopi tiap hari. Kelebihan grinder ini adalah mampu menggiling kopi dalam jumlah yang cukup banyak tanpa menghabiskan banyak waktu.

Tetapi, sebagaimana mesin buatan manusia, tentu saja terdapat kelemahan. Grinder elektrik memerlukan tenaga listrik sehingga tidak dapat digunakan di tempat-tempat tertentu dan menimbulkan suara yang cukup bising.

Seperti hand grinder, grinder elektrik juga memiliki beberapa tipe. Pertama adalah tipe cut yang biasanya digunakan untuk kepentingan wirausaha. Ada dua tipe yang dikategorikan grinder elektrik cut, yaitu flat type dan conical type. Keduanya sama-sama akurat, hanya saja tipe flat dibanderol lebih mahal.

Kedua adalah grinder elektrik tipe mortar. Tipe mortar, atau yang biasa disebut burr type adalah evolusi dari hand grinder. Tipe jenis ini lebih mudah dan murah dibanding grinder kopi elektrik lainnya.

Selanjutnya ialah propeller type atau mixer type. Sesuai namanya, grinder ini dilengkapi dengan baling-baling yang berotasi seperti blender. Tipe ini berdesain compact dan dibanderol dengan harga terjangkau. Alat ini sangat cocok bagi Anda yang suka bubuk kopi bertekstur kasar.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang jenis-jenis grinder kopi. Semoga artikel di atas membantu Anda agar tidak salah membeli grinder, ya!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *